Depan

YPAC Jakarta yang sekarang disebut Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jakarta merupakan prakarsa almarhum Prof. Dr. Soeharso dan didirikan di Jakarta oleh almarhumah Ny. Soemarno Sosroatmodjo pada tanggal 5 November 1954. Keduanya, almarhum Prof. Dr. Soeharso sebagai seorang ahli bedah tulang di Solo dan almarhumah Ny. Soemarno Sosroatmodjo sebagai isteri Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya dan para dermawan serta sosiawan pada khususnya.

Pada saat ini, lebih dari 50 tahun kemudian, penting untuk mengingatkan kembali peran YPAC Jakarta di masyarakat dan keberhasilannya selama ini.

YPAC Jakarta berupaya memberikan pelayanan kepada anak-anak penyandang cacat yang disebabkan oleh penyakit poliomyelitis dan Cerebral Palsy (C.P.) yang mengakibatkan kelayuan/kelumpuhan dan kekakuan/spastisitas pada anggota badan atau hambatan dalam mempergunakannya.

Dalam hal ini YPAC Jakarta sering menghadapi orangtua yang mengharapkan suatu mukjizat.  Ada juga anggapan yang sebenarnya tidak tepat bahwa YPAC Jakarta merupakan tempat penampungan bagi anak-anak penyandang cacat.

Dalam perkembangan YPAC Jakarta secara keseluruhan terkandung harapan bahwa di hari depan YPAC Jakarta akan menjadi SATU-SATUNYA Pusat Rehabilitasi Anak dengan Kecacatan Ganda.